Review singkat tentang hape Realme 3

Realme 3 adalah keluaran terbaru dari seri Hape Oppo Realme, Realme 3 mengedepankan kamera, performa, desain dan daya tahan sebagai fitur andalan. Berbeda dengan Realme C1 dan Realme 2 kamera utama Realme 3 menyajikan fitur baru yakni Mode Chroma Boost dan Mode Nightscape. Mode Chroma Boost menghasilkan foto dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang. Sementara mode Nightscape mampu meningkatkan eksposur dalam kondisi minim cahaya.

Dan pada seri ini game mode masih menjadi fitur andalan yang diusung smartphone ini. Fitur menarik lainnya yang dimiliki Realme 3 adalah game space, face unlock, fingerprint, riding mode dan banyak lagi. Realme 3 tersaji dalam varian warna Black, Dynamic Black dan Radiant Blue. Ada dua konfigurasi yang diusung Realme 3 yakni RAM 3GB dengan ROM 32GB dan RAM 4GB dengan ROM 64GB. Realme 3 merupakan pilihan smartphone terbaik di bawah Rp 2 jutaan.

Berikut Review singkat tentang Realme 3




DESAIN

Realme 3 mengusung desain unibody berbalut material polikarbonat. Bodynya menyerupai sandwich dan tersusun oleh layar, frame, dan cover belakang. Garis samping bodi yang nyaris tak terlihat membuat keseluruhan bodi Realme 3 terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis.

Layar seluas 6.2 inci terbentang di bagian depan smartphone ini. Di atas layar terdapat notch dewdrop sebagai wadah kamera selfie 13MP dan sebuah speaker receiver. Bagian belakang terpatri kamera utama ganda beresolusi 13MP+2MP, LED Flash, sensor fingerprint dan logo Realme.

Sisi kiri dijumpai tombol volume up and down serta slot MicroSD. Sedangkan sisi kanan hanya terdapat tombol power.

Bagian bawah disisipi port microUSB 2.0, jack audio 3,5 mm, dua buah lubang mic dan sebuah speaker. Sementara bagian atas polos saja, tidak ditemui apapun.
Realme 3 memiliki bobot 175g dan dimensi 156.1 x 75.6 x 8.3 mm. Ketika digenggam terasacukup nyaman dan tidak terlalu berat. Sudut lengkung atau kurva menambah kenyamanan saat digenggam.


LAYAR 

Realme 3 dibekali layar IPS berukuran 6,22 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720p) dan aspek rasio 19:9. Sedangkan screen rasionya 88.30%.

Desain notch waterdrop, membuat layar Realme 3 terlihat lebih luas. Anda juga dapat mengaktifkan mode full screen display di menu Setting>Display and Brightness>Full screen display agar layar terilhat lebih luas. Anda juga dapat memilih aplikasi yang ingin dibuat tampilan penuh di menu tersebut.

Bezel layar hanya 2,05 mm sehingga layar terlihat lebih lebar. Layar Realme 3 mengusung sudut lengkung mengikuti desain lengkungan body smartphone.Tampilan antarmukanya terlihat simpel menggunakan ColorOS 6.0. Notification tray terdapat di bagian atas. Di menu ini Anda bisa mendapatkan notifikasi dan mengaktifkan cellular data, Wi-Fi, mode silent, Bluetooh, flashlight, calculator, boost, night shield, auto rotate, GPS, power saver, Realme Share, Airplane Mode dan Night Shield.

KAMERA 

 

Untuk kamera Realme 3 menyematkan kamera utama ganda beresolusi 13MP dan 2MP. Lensa utamanya beresolusi 13MP dengan aperture f/1.8. Sedangkan lensa sekundernya beresolusi 2MP didukung depth sensor.

Kamera utama Realme 3 mengusung fitur baru seperti Mode Chroma Boost dan Mode Nightscape. Tersaji mode photo, portrait, pano dan expert. Beragam filter menarik juga disajikan di menu kamera utama maupun selfie.

Menu kamera utama maupun selfie Realme 3 cukup simpel. Kamera utama dan selfie Realme 3 sudah didukung teknologi AI.

Ketika menggunakan mode 2x zoom foto yang dihasilkan juga tidak pecah ketika diperbesar. Dukungan teknologi AI, membuat Realme 3 mampu mengenali objek seperti tanaman, makanan dan lainnya.

Baik outdoor maupun indoor hasilnya cukup baik. Dalam kondisi minim cahaya, kamera Realme 3 mampu menangkap objek dengan baik.

Agar hasil foto low light semakin bagus, Anda bisa menggunakan Mode Nightscape. Dukungan teknologi AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Mode Nightscape mampu meningkatkan eksposur dalam kondisi minim cahaya.

Ketika kami mengambil foto dalam kondisi minim cahaya ataupun malam hari, foto yang dihasilkan melalui teknologi ini cukup baik. Noise tidak terlalu terlihat dalam foto tersebut.

Untuk menggunakan mode Nightscape, Anda hanya perlu menekan tombol kamera lalu tahan selama 4 detik untuk fokus ke objek foto. Usahakan objek foto tidak bergerak selama 4 detik, agar hasilnya optimal.

PERFORMA

Realme 3 ditunjang MediaTek Helio P60 dengan proses FinFET 12nm terbaru TSMC yang lebih hemat daya. Helio P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan clock speed hingga 2.0GHz.

P60 hadir dengan multi-threaded APU (AI Processing Unit), yang mencakup prosesor multi-inti dan prosesor smart control logic. Dikombinasikan NeuroPilot dan penjadwal multi-thread baru yang cerdas menghasilkan kinerja yang dua kali lebih efisien dalam konsumsi daya dibandingkan GPU.
Prosesor yang digunakan chipset ini adalah Octa-core. GPU nya menggunakan Mali-G72. Penyimpanannya ditopang RAM 4GB, ROM 64GB dan MicroSD hingga 256GB.

Untuk menguji performa dari Realme 3, kami melakukan serangkaian tes seperti bermain game serta tes benchmark. Tes benchmark yang kami lakukan menggunakan aplikasi AnTuTu, 3D Mark, PC Mark dan Geekbench.

Semua tes benchmark mampu dilalui dengan baik oleh Realme 3. Di AnTuTu, Realme meraih skor 133112.

Dukungan fitur game mode juga membuat gaming di Realme 3 semakin lancar. Saat kami mencoba bermain game dengan rentang waktu 1 hingga 2 jam, smartphone ini tidak terasa panas.

BATERAI

Realme 3 membenamkan baterai berkapasitas cukup besar yakni 4.230mAh. Kapasitas baterai tersebut memberikan daya tahan lebih lama pada Realme 3.

Dalam keadaan standby, Realme 3 mampu bertahan hingga seharian penuh atau 24 jam. Saat digunakan untuk browsing internet, smartphone ini bertahan hingga 21 jam.

Saat menonton video non stop, Realme 3 mampu bertahan hingga 12 jam. Ketika bermain game terus menerus, Realme 3 bertahan hingga 10 sampai 11 jam.

Mode Screen Battery Optimization pada Realme 3 membuat lebih irit daya. Keseimbangan dan Mode Efisiensi Energi Tinggi yang dapat dipilih pengguna untuk memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Proses isi daya Realme 3 terbilang cepat. Dari kondisi dibawah 20% hingga 100%, Realme 3 membutuhkan waktu isi daya 2 jam. Dalam kondisi diatas 20%, tentunya membutuhkan waktu yang sedikit dalam proses charging, sekitar 1 sampai 1 setengah jam.


KONEKTIFITAS 

 

Konektivitasnya, Realme 3 didukung jaringan 4G/3G/2G, Bluetooth, sebuah slot MicroSD, dua slot SIM Card dan port microUSB 2.0. Untuk menguji jaringan Realme 3, kami menggunakan aplikasi Speed Test besutan Ookla dengan bantuan operator Indosat. Hasilnya cukup stabil dengan kecepatan download 12,4 Mbps dan upload 16 Mbps.

KESIMPULAN

Meskipun smartphone menengah, Realme 3 memiliki spesifikasi cukup tinggi. Kamera paling menonjol dari spesifikasi lain yang diusung Realme 3. Performa dan daya tahan Realme 3 cukup baik ketika digunakan bermain game.

Layar lebih luas membuat menonton video dan gaming lebih nyaman. Desain yang diusung Realme 3 sangat pas untuk generasi milenial.

Jadi, Realme 3 sangat cocok untuk generasi milenial yang hobi foto dan bermain game. Realme 3 merupakan pilihan smartphone terbaik di bawah Rp 2 jutaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel