Review Oppo A3S : Smartphone jaman now, baterai tahan lama.

Salah satu produk dari Oppo yang laris di pasaran adalah OPPO A3S. Ponsel yang berada di kelas entry-level ini membawa beberapa fitur menarik dan keunggulan dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

Fenomena ini terlihat dari maraknya orang yang mencari tahu tentang Oppo A3S di mesin pencari Google. Bahkan, ada juga yang mencari perbedaan varian Oppo A3S.Harga yang ditawarkan Oppo untuk ponsel ini tetap setia dengan kantong generasi muda yang memang menjadi terget penggunanya. Dengan desain dan spesifikasi yang sudah cukup untuk menunjang penggunaan sehari-hari. Karena hal-hal tersebut barangkali yang membuat Oppo A3S sebagai salah satu ponsel laris di pasaran.

Berikut Review singkat mengenai Oppo A3S :

DESAIN

Ponsel ini sekilas mirip dengan Oppo F7. Bagian belakang tampak kinclong dengan finishing model kaca, walaupun sebenarnya berbahan plastik polycarbonate.

Ada dua pilihan warna, yaitu merah untuk Anda yang suka tampil lebih menyolok dan warna ungu tua untuk Anda yang lebih kalem.

Modul kamera di bagian belakang atas sedikit menonjol dengan border chrome yang cantik.

Ada logo Oppo juga di bagian belakang, dimana area itu biasanya merupakan tempat fingerprint sensor. Namun Oppo A3s ini tidak memiliki sensor sidik jari tersebut. Dan sebagai penggantinya adalah face-unlock.
Di bagian depan didominasi oleh layar full berponi dengan rasio 19:9. Namun sayangnya hanya mengusung resolusi HD+ 720 x 1520 sehingga ppi density menjadi rendah, yaitu ~271 yang berarti mata manusia normal masih bisa melihat titik-titik pixel pada layar. Walau demikian, layar tetap masih enak dipandang berkat tone warna dan view angel yang cukup baik.

Di bagian poni ada modul speaker telpon, kamera selfie serta fungsi facial unlock.

Oppo A3s depan - pic by bangripiu

Sebelah kiri ada tombol volume dan slot SIM card + MicroSD. Lalu di sebelah kanan ada tombol power. Serta di bawah ada lubang speaker, mic, jack audio, dan port charger Micro USB.

SIM card tray Oppo A3s - pic by Arrinish
Overall untuk desain menurut saya pribadi lebih baik dari pendahulunya si Oppo A83. Malahan ini lebih mirip ke Oppo F7 yang merupakan kelas menengah atas Oppo.

LAYAR

Oppo A3S hadir dengan ukuran layar Full Screen yang membentang hingga 6,2 inch dan beresolusi 1520 x 720 pixel. Aspek rasionya sendiri adalah 19:9 sehingga memberikan tampilan yang cukup nyaman dipandang. Desain notch juga masih tersedia pada ponsel ini sehingga tidak ada kesan ketinggalan zaman walaupun A3S bukan ponsel mid atau high level.

Tingkat kecerahan layarnya memang tergolong standar, tapi masih memungkinkan untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Selain itu, layar Oppo A3s sudah didukung fitur Night Shield agar lebih nyaman dilihat di malam hari, sekaligus mengurangi emisi cahaya biru.

Dengan layar yang besar tentunya Anda akan lebih nyaman menikmati konten seperti video atau games. Selain itu, untuk urusan multitasking ketika ingin membuka dua aplikasi sekaligus pun lebih optimal.

KINERJA/KECEPATAN

Sebagai "dapur pacu" Oppo A3s menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 450. Ini merupakan SoC kelas menengah-bawah yang dirilis tahun 2017, bisa dibilang masih fresh, berenergi dan bertenaga untuk aplikasi atau game 3D.

Dengan spesifikasi mesin seperti itu, ponsel ini dapat mencatat skor AnTuTu 7 sebesar 75243 dan skor Geekbench 781 (single core) serta 3733 (multi core). Dengan kata lain, sudah ok lah untuk bermain game 3D kekinian apalagi untuk sekedar menjalankan aplikasi sosial media pasti lancar jaya sangat minim lag-lag yang mengganggu.

Sebagai referensi, ini beberapa games yang sudah kita coba mainkan di smartphone Oppo A3s:
Game Mobile Legend bisa dimainkan dengan lancar pada setting tertinggi (rata kanan) jika tidak ada masalah pada koneksi internet.
Arena of Valor (AOV) juga bisa dimainkan dengan stabil di 30fps pada setting rata kanan.
Di game Asphalt 9 juga lancar dan mulus.
Untuk game PUBGm kamu bisa bermain di settingan paling rendah dengan cukup lancar walau ada lag beberapa kali tapi itu tidak terlalu menganggu.

Kamera

Inilah sesi yang paling menarik, Kamera ganda A3s dengan resolusi 13MP + 2MP dilengkapi dengan UI yang cukup mudah, semua fitur dapat dilihat saat membukanya. Seperti Flash, HDR, Timer, dan mode Layar Penuh. Ada lima mode kamera yaitu, Time-Lapse, Video, Photo, Portrait, dan Panorama.

Foto yang dihasilkan memiliki detail dan akurasi warna yang baik, tentunya dalam pencahayaan yang layak, namun dalam kondisi rendah cahaya, Noisepun akan bermunculan sama seperti kamera handphone lainnya. Objek yang bergerak walopun sedikit tentunya akan tampil sedikit ‘kabur’

Adapun fitur-fitur pada kamera depan, hampir identik kecuali tidak adanya efek bokeh buatan. Mode potret dan zoom 2x juga tidak ditemukan.

Hasilnya pun mirip dengan hasil kamera belakang, hanya saja dalam kondisi kurang cahaya, kamera depan tidak sebagus kamera bagian belakang, meski begitu foto yang dihasilkan tetaplah layak digunakan dalam posting media sosial.

Video dapat direkam hingga resolusi 1080p 30fps baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depan. Sayangnya tidak ada fitur untuk stabilisasi sehingga video seringkali goyah dengan sedikit gerakan.

Baterai

Jika dibandingkan dengan ponsel kelas menengah bawah Oppo sebelumnya, A3s menjadi smartphone pertama Oppo yang dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 4230 mAh. Diatas kertas, perangkat ini semestinya mampu memberikan daya tahan perangkat yang cukup lama. Namun untuk membuktikannya PULSA melakukan pengujian untuk membuktikan daya tahan perangkat ini. Ada 4 variabel pengujian yang PULSA lakukan yakni mendengarkan musik, menonton video, streaming/download dan yang terakhir adalah bermain game. Semua variabel ini dilakukan masing-masing selama 60 menit.

Hasilnya cukup memuaskan, perangkat ini mampu memberikan daya tahan perangkat yang lama. Dalam penggunaan normal, perangkat ini digunakan seharian penuh tanpa perlu melakukan pengisian ulang baterai.

Catatan : Bagi muda-mudi yang punya banyak aktivitas outdoor, ponsel ini cukup direkomendasikan (selain karena desainnya yang keren) untuk dimiliki karena daya tahannya yang terbilang baik. Jadi, kamu tidak perlu ribet membawa banyak power bank saat sedang aktivitas di luar ruangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel