REALME C1, PILIHAN TERBAIK UNTUK HAPE 1 JUTAAN



Sebelum meriview Realme C1, perlu diketahui, Brand ini merupakan Sub Brand dari brand ternama yang saat ini sedang hangat di kalangan masyarakat umum. Realme C1 merupakan sub brand dari OPPO, yang baru dirilis oleh OPPO pada agustus 2018 lalu dan pertama kali dipublikasikan di India.

Realme merilis 3 smartphone sekaligus, yaitu Realme 2 Pro, Realme 2, dan Realme C1. Ketiga ponsel pintar ini dibanderol dengan harga yang agresif, menyasar kalangan anak muda, dan tentu saja ditujukan untuk melawan Xiaomi yang sempat merajalela di pasar smartphone entry-level.
Namun kali ini yang akan kita review adalah REALME C1.




DESAIN

Realme C1 hadir desainnya yang cukup menawan untuk sebuah smartphone entry-level. Di mana bagian depan sekitar 80 persen lebih didominasi oleh layar dengan  poni (notch) bergaya iPhone X yang membuatnya istimewa dan elegant.
Pada notch menjadi rumah bagi kamera depan, earpiece, sensor proximity, dan cahaya. Bagian samping kanan, kiri, dan atas minim bezel, bahkan bagian dagunya juga lumayan tipis.



Sedangkan pada bagian belakang, tampilan dari Realme C1 tampak cukup menawan, dikarenakan tampilannya hampir sama dengan tampilan hape OPPO pada umumnya. Dengan bahan yang terbuat dari polycarbonate composite yang membuatnya tampak seperti berbahan dari kaca, sehingga terlihat lebih mewah saat di pegang. Masi pada bagian belakang, tampak dual kamera dengan posisi horisontal dan terdapat pula Flash. Sedangkan Merek Realme terdapat pada bagian bagian belakang bawa.




Layar

Dengan tampilan layar full screen dengan notch seperti pada I Phone x, Realme C1 mengusung layar IPS dengan ukuran yang luas yakni 6,2 inci beresolusi HD+ 720×1520 piksel (271 ppi) dalam aspek rasio 19:9. Layarnya sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 dan juga sudah dilapisi anti gores bawaan pabrik. Dengan menggunakan panel IPS dan layar yang luas, serta tampilan warna yang tajam dan jerni, memungkinkan Realme C1 cocok untuk penggunaan mutimedia, menonton video serta untuk bermain game.



Tampilan layar yang elegant, dengan brandol harga sejutaan, dapat dikatakan bahwa Realme C1 merupakan hape dengan kualitas tinggi di kelasnya.


PERFORMA


Perfoma  Oppo Realme 1 pastinya sangat menarik karena smartphone ini sendiri sudah berjalan pada sistem operasi android Oreo yang akan di sempurnakan dengan tampilan antarmuka atau UI milik oppo ColorOS 5.0 yang semakin kaya akan kustomisasi.
Ukuran RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB bisa dimaklumi, performanya sudah cukup baik untuk kebutuhan dasar ber-smartphone harian. Bahkan untuk bermain game sekelas Mobile Legend, dapat dikatan hape ini berjalan sangat baik. Namun sayang untuk penggunaan game yang saat ini sangat populer sekelas PUBG, hape ini bisa dikatakan kurang performanya, karena saat menjalankan geme ini hasilnya patah patah.


KAMERA 

Untuk kamera utama pada Realme C1, diterapkan model dual kamera yang terletak pada bagian belakang atas kiri.Kamera utamanya 13-megapixel, dengan aperture f/2.2, dan teknologi AF. Sedangkan, 2-megapixel menjadi kamera kedua sebagai depth sensor dengan aperture f/2.4. Sementara, kamera yang ada di depan 5-megapixel saja.
Pada aplikasi kamera Realme C1 terdapat enam mode utama yang disediakan yaitu photo, video, portrait, sticker, time-lapse, dan panorama. Dan semua mode ini disediakan pada layar utama saat kamera dijalankan.

Berikut contoh hasil jepretan menggunakan kamera Realme C1






Sedangkan untuk merekan video kamera belakang maupun depannya bisa merekam sampai resolusi 1080p.


BATERAI 

Untuk menopang operasional perangkat, Realme C1 menggunakan baterai dengan kapasitas 4.230 mAh dan menjadi salah satu keunggulan Realme C1 yakni menawarkan daya tahan baterai yang baik. Didukung sejumlah faktor seperti chipset Snapdragon 450 yang hemat daya, resolusi layar 720p, dan mode penghemat daya seperti power saving dan smart power saver. Dilihat dari kapasitas daya baterai yang digunakan, dan fitur yang ada untuk menopang performa daya tahan baterai, dapat dikatakan bahwa Realme C1 cocok digunakan untuk aktifitas di atas normal.


Spesifikasi

Tipe Tipe Smartphone , Phablet , Notch Phone
Shape Bar
Dasar OS Android
OS ver ColorOS 5.1 (Android 8.1 Oreo)
SIM Nano SIM , Dual SIM
CPU Qualcomm Snapdragon 450, octa-core
Kecepatan CPU 1.8GHz
Storage 16GB , 32GB
RAM 2GB , 3GB
External Storage microSD hingga 256GB
Battery 4230 mAh
Layar Ukuran Layar 6.2 inches
Resolusi HD+ 1520 x 720 pixel
Network Tipe 2G , 3G , 4G (LTE)
2G GSM: 850/900/1800/1900MHz
3G WCDMA: 850/900/2100MHz
4G (LTE) D-LTE: Bands 38/40/41(2535-2655MHz)
FDD-LTE : Bands 1/3/5/8
Kamera Kamera Utama 13MP + 2MP
Kamera Depan 5MP
Lainnya Fitur Wi-Fi , GPS , Bluetooth , Flash , Face Unlock , Dual Cameras
Ukuran Dimensi 75.6 x 8.2 x 156.2 mm
Berat 168 g 

KESIMPULAN

Dari pertimbangan banyak faktor, dari segi harga, performa, kapasitas baterai dan fitur fitur yang terdapat pada Realme C1, dapat disimpulkan bahwa Realme C1 adalah hape harga murah namun bukan murahan, dan sangat direkomendasikan untuk anda anda yang memiliki budget murah namun mencari hape yang berkualitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel