Kelebihan dan kekurangan yang di dapat ketika mengroot smartphone android


Berikut penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan yang terjadi setelah kita mengroot hape smartphone android kita.

Saat ini smartphone android hampir menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, mulai dari anak anak sampai orang tua sekalipun. Salah satu yang membuat smartphone android begitu populer saat ini banyaknya aplikasi-aplikasi yang berkualitas dan dapat di dapatkan gratis. Namun, tidak hanya itu saja kelebihan perangkat android. Perangkat android dapat melakukan proses yang namanya root. Bagi yang belum tahu, root pada android suatu kondisi dimana kita sebagai user dapat mempunyai izin untuk melakukan manipulasi system lebih leluasa daripada user biasa.

Mungkin banyak yang bertanya apa keuntungan root di android. Sebenarnya, banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan men-root perangkat android kita. Seperti menambah memori internal pada perangkat android. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan sempitnya ruang memori internal pada perangkat anda. Tidak hanya itu saja keuntungannya. Dengan root android, kita dapat melakukan overcloking pada processor smartphone sehingga kinerja smartphone meningkat lebih dari biasanya, melakukan kostumisasi ROM, mengupgrade sistem operasi ke versi terbaru dengan mudah, mengubah konfigurasi hardware pada android anda, menghapus aplikasi yang terdapat pada file system, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan melakukan root pada android anda.


Namun ada pula kelemahan yang akan kita dapatkan dengan men-root android. Seperti, garansi yang akan hilang jika android telah diroot, meskipun masih bisa diakali dengan meng unroot android anda dan mengembalikan konfigurasi perangkat seperti semula. Selain itu, jika kita tidak hati-hati dalam melakukan root android, maka akan terjadi error pada perangkat android anda, diantaranya ponsel sering mati sendiri, banyaknya aplikasi yang error, sering terjadi ‘hang’ pada perangkat, ponsel lebih cepat panas dan boros baterai, dan yang buruk ialah terjadinya bootloop, yaitu sistem android anda tidak mau melakukan proses booting. Jika terjadi bootloop, maka perangkat android anda harus di-reset ulang dan data-data yang ada pada ponsel anda akan hilang semua.




Namun, jika kita melakukan root android dengan benar, sebenarnya tidak menimbulkan kerugian yang besar pada perangkat android anda. Kerugian paling besar dari rooting mungkin adalah Anda akan kesulitan dalam melakukan recovery pada file-file yang telah dihapus di memori internal ponsel. Dan itupun sangat jarang dilakukan oleh pengguna Android(menyimpan file-file penting di memori internal). Terlepas dari itu semua, sebenarnya andalah yang akan memutuskan apakah perangkat android anda mau diroot atau tidak?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel